Monday, January 28, 2008

Kalau anak sedang sakit...

Orang tua mana yang ngga runyam kalo anak sakit ?  Minggu kemarin adalah saat pertama Olive – my big girl – 1 thn, sakit. Kali ini yang beneran sakit, bukannya yang cuma sumeng karena “mau pinter”, atau numbuh gigi. Radang tenggorokan, muntah2 dan mencret. Mulainya saat gue kasih Oliv susu baru, Procal Gold yang pakai Lutein. Kamis malam gue kasih, Jumat pagi2 mulai demam. Gak tau apa karena pengaruh susu tsb ya. Pokonya intinya demam. Tapi, gue masih sangka ah paling ini mau pinter aja. Sampai sore, dilaporkan makan mulai susah. Muntah 2 kali. And agak rewel.

 

Gue mulai2 bingung mesti ke dokter ga yah. Gue sih udah kasih tempra. Tapi badannya masih panas +/- 38. Nyokap gue, siangnya, udah borehin badan si olive pakai bawang tumbuk supaya anget katanya. Akhirnya jam 8 malam kita ke dokter anak deket rumah(soalnya DSA nya oliv hari itu ga praktek). Dibilang radang tenggorokan, lalu dikasih obat penurun panas lewat anal. Kesian banget.. Anak sekecil itu patpatnya disumpel obat. Trus utk radang tenggorokannya dikasih puyer.

 

Selama sakit, oliv lemess terus, rewel, kalo bobo mo nya di gendong. Pas gue telpon DSA nya Oliv, dibilang susunya diganti dengan Bebelac FL (Free Lactose) dan diberi Pedialyte utk pengganti cairan tubuh yg hilang. Tapi setiap dikasih susu pasti langsung muntah. Untungnya oliv masih mau makan. Jadi sempet 1 hari gak dikasih susu, daripada dikasih lalu dia langsung muntah kan percuma aja. Kesian banget pas malemnya... dia rewel kelaperan. Klo dikasih air putih.... nyedot nya kenceng banget, kehaus’an.. srot..srot... Kalo dikasih susu jg anaknya nyedotnya kuat dan haus banget, tapi baru bbrp sedotan pertama, langsung muntah.. Hiks...  Puppup nya juga mencret, air gitu. Wah.. kesian deh. Saat dia lagi tertidur di gendongan gue, gue liat wajahnya.... sedih banget.. andai gue aja yang sakit....

 

Hari minggu sempet mendingan. Tapi tetep blm bisa mimi susu juga, Oliv gak suka sama sekali dgn Bebelac FL. Hari senin akhirnya dibawa lagi ke DSA nya di Hermina. Sama sih dibilang radang tenggorokan, tapi dia plus gangguan pencernaan jg. Jadi selain diberi puyer utk radang tenggorokannya, dikasih enzim jg utk pencernaannya. Susu nya gue ganti lagi jadi Isomil (menurut temen kantor Isomil lbh enak dibanding Bebelac FL).

 

Hari selasa dan rabu, oliv jadi tidur terus sepanjang hari. Makannya lebih lahap dan susunya mulai mau. Pake Isomil itu langsung mau., gak pake muntah lagi. Hari kamis Oliv mulai ceria. Tuntas nya hari Jumat, oliv udah seperti biasa lagi.. ceria, berisik (suka teriak) dan demen jalan2.

 

2 comments:

Flona said...

untung deh oliv dah sembuh...ikut seneng bacanya oliv dah mule ceria lage

HannY said...

makasi yea flo,

sorry baru bisa reply nich. blogger.com di blok di kantor, after office baru bisa dibuka lagi :)