Wednesday, December 10, 2008

Suka duka seorang Programmer

Belakangan ini gue merasa high tension banget with my job. Biasanya gue enjoy programming, tapi jujur aja... bbrp minggu belakangan, gue bener2 kesel banget. Kesel sama orang2 yang bekerja sama dengan gue, orang2 yg memberi gue kerjaan/spek program. Tak lain dan tak bukan si System Analist.

Urgh... kesel banget, bikin spek tuh ya dipikir matang2 dulu. Kadang gue merasa, apakah gue jadi programmer terlalu baik hati. Ada rekan kerja gue, klo dikasih spek ya, dia akan kerjain sesuai spek itu, ga bnyk tanya. Even spek salah pun dia akan ikutin sesuai yg ditulis di spek oleh si sistem analist itu. Even tuh spek aneh pun, dia go with it aja.

Tapi gue, gue ga bisa kyk gitu. Gue emang orangnya ga bisa langsung terima klo ada yg ga sesuai dengan jalan pikiran gue, harus gue clarify dulu, my way or his way, gitu loh. Jadi, gue sering banget, when dealing with spek program, n i found out it's wierd, gue pasti confirm ke analis nya. Bener ga begini maksudnya, begono maksudnya. Kadang kalo mnurut gue aneh, gue curahkan, klo gue udah jelas, oke gue kerjain. Ga jarang it's end up pada result klo si sistem analis nya ternyata emang salah bikin spek!

Some of SA yg perna kerja sama dgn gue, merasa terbantu dengan behave gue spt ini. They think i'm creative enough n KRITIS! Tentu saja, mnurut gue mereka pun merasa terbantu, kerjaannya bisa gue sembari review. Karena gue pikir klo gue kerjain spek salah, nanti ujung2nya gue muesti rubah, gue sendiri yang cape. Itu yg gue hindari.

TAPI... belakangan ini, seriiiiiiing banget gue dealing with SA yg seenak2nya rubah program yg sudah gue selesaikan. You know, tukang jahit kerjain patern dari designer. Klo designer kasih patern nya salah, trus dia bilang "eh sorry, kancing nya ga bisa disini, gue salah, harusnya kancingnya dipasang di bawah ketek". Trus lu sebagai tukang jahit mo apa ??? Bilang "Eh mana adaaa kancing dipasang di bawah ketek" . Yah.. yg namanya jg designer kan emang dapet orderan dari client. Anggaplah dari awal client mau nya kancing dibawah ketek, cmn si designer aja yg lupa, dia taruh kancing di dada. Eh pas dia review2 hasil kerjaan tukang jahit, dia baru ngeh. Trus apa ? Lu ga mmau rubah ??? "Enak aja lu suruh gue rubah2" *@#SFD@#$#$Y* lempar mesin jait, cabut dari kerjaan. Bisa aja sih... cari kerjaan lain. Atau bilang ke designer... "Lu aja yg bongkar tuh kancing, n pindahin ke bawah ketek". Klo yg ini ga bisa, krn ga semua designer bisa jahit, mreka tau nya konsep. (Ya sistem analis emang ga bisa coding koq!). Jadi it's end up with, lu bersungut2 ngebongkar tuh kancing yg udah cakep2 utk dpindahin ke bawah ketek.

Kenyataannya, bnyk designer berpenghasilan lebih gede dari tukang jahit. Termasuk SA/Functional/what they named it, gaji nya lebih gede dari programmer. Tai kan! (wkt nulis lg kesel banget jadi tak sengaja terlontarkan kata2 kasar hahaha)

6 comments:

Dita Oktamaya said...

wowww..gila...kerjaan bikin pusing..tetep semangat mbak...^^

Arman said...

huahahaha gua jadi tersindir hun... :P dulu gua gitu gak ke elu? :))

yah namanya manusia, kadang pas bikin spec kan gak kepikir hun. kepikirnya baru setelah jalan. hahaha. atau kadang user nya yang berubah spec. bisa juga kan... :P

*membela sesama SA*

Anonymous said...

@Dita : huhuhu, sering banget tuh begitu, sampe daku kesel sel sel..

@Arman : Hahaha, nah itu... programmer mana bisa buat apa2, dibikin prosedur utk changes request juga sama aja kan. end up nya merubah apa yg sdh dikerjakan. Hahaha...

Trus yg "kepikirnya baru setelah jalan" itu tuhhhh yg susah di tolerir :p Persis tuh, si Oknum yg dealing with me itu juga sama alesannya "baru ngeh pas mo nerusin spek"... That's the SA main job right! susahhh gue jawabnya... klo hati lagi lempeng, bisa maklum. klo lagi sensi... wuahhhh bisa kyk gini deh, antara mau nangis dan tertawa. hahahah... *jadi curhat lagi*

cika said...

ermmmm, kali hormon kehamilan elo juga berpengaruh ya...
ya take and give deh, mo dibahas gimana juga lo ngga bisa apa2, tetep kudu rubah tuh program...hehehhe

Arman said...

gua kemaren baru aja ngrubah sepec. program udah di QA buat UAT, tapi user nya minta nambah diubah ini itu... huahahaha... untung programmernya iya iya aja... :P gak tau ya kalo di belakang gua dia nulis blog juga kayak begini.. hahahaha

peace!

Anonymous said...

@cika : gue mulai menyadari krn gara2 si hormon itu, dan promosi yg kepending2 hahaha... esmosi deh...

@arman : Man, programmer ditempat lu itu, lagi hamil ga ? ^_^ peace juga deh!! :p