Wednesday, February 20, 2008

S pedagang pempek

Gw punya sepupu, cowok ( initial S ), hidupnya sederhanaaaa sekali. Umur mungkin skitar 35an. Agak cacatkakinya kecil sebelah, jadi kalau jalan harus pake tongkat. Dia masih tinggal sama orang tua nya. Untuk menyambung hidupnya, dia jualan pempek keliling pakai motor – tongkatnya tentu dibawa jg. Kemarin ini dia datang kerumah, cerita2 dan ngobrol2.

Dia cerita soal konflik antara dia dan bos pempeknya. Pempek itu kan harus digoreng ya, dan minyaknya kan klo dipake terlalu sering bisa kotor hitam kan. Oleh si Bos minyak kotor itu ngga dibuang, tapi suruh anak buah nya utk terus pake, klo ngga ya susah jg kan harga minyak makin mahal, bisa2 rugi klo gak kayak gitu. Tapi S gak setuju dengan si Bos, katanya hal spt itu gak baik dan bisa merusak kesehatan orang yg membeli. Jadi walo si Bos kasih minyak kotor ke S, S langsung nuker lagi dengan minyak yg bersih. Si Bos udah bo hwat(cape ati) ngadepin S, dan S tetep pada pendiriannya.

Trus ada lagi, pempek yg ngga habis terjual hari itu, tapi masih bagus, biasanya dijual lagi keesokan harinya. Intinya, memang masih bagus. Tapi kadang2 pembeli kan suka nanya2 tuh ke S ”ini pempeknya baru ngga?” . S kebingungan jawabnya, dalam hati dia tau klo itu bukan pempek baru, tapi ya memang masih bagus. S cuma bisa jawab ”ya dipilih aja yg bagus2”. Hehehe.... jawaban yg diplomatis.

Dia bilang, kalau dia gak bisa bohong, karena bohong itu melanggar sila (S seorang Buddhist).

Jadi skrang, jualan pempek bukan sebagai mata pencaharian utama, dia jadi agen banyak MLM. Di motor nya, dipasang iklan2 Tupperware, minuman kesehatan Klorofil, Oriflame, dll. Dan katanya dari sampingannya itu, lumayan banget, bahkan lebih besar dari jualan pempek. Orang2 seneng beli2 tupperware/kosmetik sama dia, karena mungkin orangnya jujur dan kesian juga kali ya dengan keadaan fisiknya.

Gue yang mendengar cerita itu, sambil senyum2. Disatu pihak gw bilang dia fanatik, tapi gue harus acungi jempol soal kejujurannya dan semangatnya.

5 comments:

Arman said...

wah iya salut tuhhh.. :)
emang dagang ataupun mlm harus jujur ya.. jangan pake nepu2.. hehehe (nyindir para anggota mlm yang suka nepu2... :P)

Anonymous said...

uhm.. dia nggak fanatik kok.. kelewat polos aja kali ya.. hehe.. soalnya kan dilarang bohong itu nggak cuma ada di ajaran Budha, tapi di semua agama..
lagipula saya percaya kalo jualannya boong pasti nggak akan lama umur penghasilannya.. hehe
salam ya buat sepupunya.. ^^

HannY said...

>>arman : MLM, pengalaman pribadi ya bow hahaha :p

>>cinthya : salam kenal mbak cinthya :) ya saya jg salut dgn kejujurannya.. Gak smua orang bisa kyk gitu yah.

Pucca said...

iya bener..tumben2an ada orang dagang jujur ya hihi..semoga tetap jujur deh :) **jadi pingin makan mpek2**

HannY said...

>>pucca : wah emang pempek emang makanan yang ueeenak tenan